HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MOTIVAS PESERT JKN KIS DENGAN PENYAMPAIAN TINGKAT KELUHAN MELALUI APLIKASI SIPP DI BPJS KESEHATAN CABANG MOJOKERTO

WULANDARI, APRILLIANA (2021) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MOTIVAS PESERT JKN KIS DENGAN PENYAMPAIAN TINGKAT KELUHAN MELALUI APLIKASI SIPP DI BPJS KESEHATAN CABANG MOJOKERTO. Skripsi thesis, STIKES MAJAPAHIT.

[img] Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text
15.BAB 1.pdf

Download (89kB)
[img] Text
JURNAL APRILLIANA WULANDARI REVISI fix.pdf

Download (315kB)
Official URL: http://libstikesmajapahit@gmail.com

Abstract

Abstrak Aplikasi SIPP merupakan Aplikasi yang dibuat oleh BPJS Kesehatan, merupakan aplikasi untuk menampung keluhan dan pusat informasi peseta terhadap pelayanan yang diberikan oleh Program JKN. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan motivasi peserta JKN KIS dengan penyampaian keluhan melalui aplikasi SIPP di BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto. Desain penelitian yang digunakan adalah analitik korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah populasi sebanyak 1.4.6.2 respoden, diambil menjadi sampel sebanyak 314 responden dengan teknik Purposive Sampling. Prosedur pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner untuk variabel pengetahuan dan motivasi dan dokumentasi untuk variabel penyampaian keluhan. Hasilnya diolah melalui tahap editing, coding, scoring, tabulating dan diuji dengan menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian yang menunjukkan pengetahuan Peserta JKN KIS tentang Aplikasi SIPP di BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto Tahun 2021 menunjukkan sebagian besar berpengetahuan kurang. Motivasi Peserta JKN KIS tentang Aplikasi SIPP sebagian besar memiliki motivasi lemah. Penyampaian keluhan Peserta JKN KIS melalui Aplikasi SIPP sebagian besar melakukan penyampaian keluhan ringan. Ada hubungan pengetahuan peserta JKN KIS dengan penyampaian keluhan. Ada hubungan motivasi peserta JKN KIS dengan penyampaian keluhan di BPJS. Pihak BPJS dituntut untuk memberikan jawaban atas keluhan pasien, dengan menghubungi pasien guna menanggulangi kesalahpahaman (miss understanding) dalam penerima informasi yang berdampak ketidaknyamanan kedua belah pihak. Pelayanan terhadap keluhan peserta yang terkontrol dengan baik, mampu memberikan manfaat terhadap peningkatan pelayanan secara keseluruhan. Kata kunci: Pengetahuan, Motivasi Peserta JKN KIS, Penyampaian Keluhan Melalui Aplikasi SIPP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Motivasi Peserta JKN KIS, Penyampaian Keluhan Melalui Aplikasi SIPP
Subjects: U Military Science > U Military Science (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email libstikesmajapahit@gmail.com
Date Deposited: 05 Apr 2022 03:28
Last Modified: 05 Apr 2022 03:28
URI: http://repo.stikesmajapahit.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item View Item