HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA DI SMP NEGERI 1 MOJOANYAR MOJOKERTO

Inaya, Cicik Suci Nur (2020) HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA DI SMP NEGERI 1 MOJOANYAR MOJOKERTO. Skripsi thesis, STIKes Majapahit.

[img] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (162kB)
[img] Text
14. BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
JURNAL SKRIPSI CICIK.pdf

Download (275kB)

Abstract

Tingkah laku agresif yang dilakukan anak usia sekolah akhir-akhir ini menjadi topik menarik untuk dibahas. Perkelahian antar pelajar saat ini bukan menjadi hal baru lagi. Perkembangan teknologi yang semakin pesat dewasa ini memiliki andil besar dalam mempengaruhi sikap agresif anak – anak usia sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecanduan game online dengan perilaku agresif pada remaja. Desain penelitian ini adalah analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N 1 Mojoanyar kelas 8E sampai 8F sebanyak 62 siswa, dengan menggunakan teknik purposive sampling didapatkan 30 sampel. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan Uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden yang mengalami kecanduan Game Online yaitu 18 responden (60%), sebagian besar responden mengalami perilaku agresif yaitu 17 responden (56,7%). Hampir seluruh (91,7%) responden yang tidak kecanduan Game Online tidak memiliki perilaku agresif dan hampir seluruh (88,9%) responden yang kecanduan Game Online mengalami perilaku agresif. Hasil analisa data menunjukkan ada hubungan kecanduan Game Online dengan perilaku agresif pada remaja di SMP Negeri 1 Mojoanyar Kabupaten Mojokerto yang dibuktikan dengan hasil Uji Chi Square dimana p value= 0,000 atau < α (0,05) sehingga H1 diterima. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah kecanduan game online dapat menyebabkan perilaku agresif pada remaja. Diharapkan remaja dapat mengurangi penggunaan gadget yang berlebihan, lebih bijaksana dalam menggunakan gadget untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan sedikit hiburan. Kata Kunci: kecanduan game online, perilaku agresif, remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecanduan game online, perilaku agresif, remaja
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Unnamed user with email libstikesmajapahit@gmail.com
Date Deposited: 19 Jan 2021 02:53
Last Modified: 19 Jan 2021 02:53
URI: http://103.38.103.26/id/eprint/37

Actions (login required)

View Item View Item