RACHMAYANTI, YUNITA (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP ORANG TUA TENTANG STIMULASI DENGAN KEMAMPUAN BAHASA DAN BICARA PADA ANAK USIA 1-3 TAHUN DI DUSUN BESONGOL SUMBEREJO PANDAAN. Skripsi thesis, STIKES MAJAPAHIT.
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.docx Download (124kB) |
|
Text
4. JURNAL rev.doc Download (86kB) |
Abstract
Abstrak Stimulasi merupakan hal yang penting dalam proses tumbuh kembang anak. Kurangnya stimulasi juga akan mempengaruhi perkembangan bahasa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Orang Tua Tentang Stimulasi Dengan Kemampuan Bahasa Dan Bicara Pada Anak Usia 1-3 Tahun Di Dusun Besongol Sumberejo Pandaan. Desain penelitian ini menggunakan Cross Sectional. Populasinya Anak usia 1-3 tahun di posyandu Dusun Besongol Sumberejo Pandaan yang berjumlah 36 responden, sampel 30 responden. Metode sampling menggunakan Simple Random Sampling. Hasil penelitian sebagian besar pengetahuan orang tua baik (53,3%), sebagian besar sikap orang tua positif (86,7 %), dan sebagian besar anak kemampuan bahasa dan bicara kurang (56,7 %). Berdasarkan Uji Spearman didapatkan pengetahuan orang tua tentang stimulasi dengan kemampuan bahasa dan bicara p = 0,337 p > ɑ (0,05), sikap orang tua tentang stimulasi dengan kemampuan bahasa dan bicara p = 0,182 p > ɑ (0,05). Maka H0 diterima Tidak ada hubungan pengetahuan dan sikap orang tua dengan kemampuan bahasa dan bicara pada anak. Diskusi : Orang tua sebaiknya lebih memperhatikan faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap kemampuan bahasa dan bicara pada anak selain pengetahuan dan sikap orang tua tentang stimulasi. Kata Kunci : Anak, Kemampuan Bahasa, Pengetahuan, Sikap, Stimulasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Unnamed user with email libstikesmajapahit@gmail.com |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 03:21 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 03:21 |
URI: | http://repo.stikesmajapahit.ac.id/id/eprint/410 |
Actions (login required)
View Item |