HUBUNGAN PENGETAHUAN PASIEN JKN–KIS DAN SIKAP PETUGAS KESEHATAN DENGAN TINGKAT RUJUKAN DI KLINIK PRIMA MEDIKA

SASMITRA, DEKA (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN PASIEN JKN–KIS DAN SIKAP PETUGAS KESEHATAN DENGAN TINGKAT RUJUKAN DI KLINIK PRIMA MEDIKA. Skripsi thesis, STIKES MAJAPAHIT.

[img] Text
2. Lembar pengesahan.docx

Download (33kB)
[img] Text
9. Isi Bab 1 - 5.docx

Download (324kB)
[img] Text
JURNAL DEKA S FIX.docx

Download (77kB)
Official URL: http://libstikesmajapahit@gmail.com

Abstract

ABSTRAK Fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan terdiri dari Fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL). Berdasarkan data UR FKTP BPJS Kesehatan bulan Maret tahun 2020, tingkat rujukan di klinik Prima Medika masih tinggi sehingga penting untuk diketahui factor – factor apa saja yang mempengaruhi rujukan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hubungan pengetahuan pasien JKN KIS dan sikap petugas kesehatan dengan tingkat rujukan di klinik Prima Medika. Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional menggunakan multistage sampling dan jumlah sampel sebanyak 33 responden yang mendapatkan rujukan di klinik prima medika. Penelitian dilakukan bulan Mei 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir setengah responden memiliki pengetahuan kurang sebanyak 15 responden (45%), sebagian besar sikap petugas kesehatan negatif dengan penilaian negatif sebanyak 17 responden (52%) dan sebagian besar menilai tingkat rujukan tidak baik sebanyak 18 responden (55%). Berdasarkan Hasil penghitungan uji statistik chi-square didapat hasil ada hubungan pengetahuan pasien JKN-KIS dengan tingkat rujukan dengan p-value = 0,001 dan ada hubungan sikap petugas kesehatan dengan tingkat rujukan dengan p-value = 0,009 (P value < 0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini sebaiknya pihak klinik dan BPJS Kesehatan berkolaborasi dalam meningkatkan pengetahuan pasien dalam hal pemberian informasi terkait alur dan sistem rujukan serta pihak klinik dapat meningkatkan kinerja petugas kesehatan dan profesionalisme petugas kesehatan agar terciptanya kepuasan pasien BPJS Kesehatan. Kata Kunci: sistem rujukan, JKN, klinik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email libstikesmajapahit@gmail.com
Date Deposited: 24 May 2023 04:41
Last Modified: 24 May 2023 04:41
URI: http://repo.stikesmajapahit.ac.id/id/eprint/337

Actions (login required)

View Item View Item