HUBUNGAN SPIRITUAL COPING DENGAN TINGKAT STRES PADA PASIEN PENYAKIT GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUB MALANG

HANDAYANI, RESTU (2023) HUBUNGAN SPIRITUAL COPING DENGAN TINGKAT STRES PADA PASIEN PENYAKIT GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUB MALANG. Skripsi thesis, STIKES MAJAPAHIT.

[img] Text
3. lembar pengesahan.pdf

Download (139kB)
[img] Text
10. abstract.pdf

Download (7kB)
[img] Text
14. BAB 1.pdf

Download (135kB)
Official URL: http://repo.stikesmajapahit.ac.id/

Abstract

Abstrak-Meningkatnya jumlah rumah sakit di Indonesia baik yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta menuntut rumah sakit untuk tetap memberikan tingkat kepedulian, profesionalisme dan kompetensi yang maksimal untuk mencerminkan kualitas pelayanan terbaik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dan kepuasan dengan loyalitas pasien rawat jalan di RSIA Tiara Fatrin Palembang. Desain penelitian yang digunakan adalah analitik korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah sampel 52 respoden dari populasi 96 responden. engan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Diuji dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan hampir setengah responden berpendidikan akademi/PT (40,4%), hampir semua berusia 18-40 tahun (82,7%), hampir semuanya laki-laki (88,5%), hampir semuanya bekerja (88,5%), sebagian besar pasien lama (61,5%), sebagian besar responden mengakui kualitas pelayanannya baik (65,4%), sebagian besar mengaku puas (59,6%%) dan sebagian besar pasien loyal (61,5%). Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan kualitas pelayanan dengan loyalitas pasien dengan nilai Asym.sig 0,002 dan ada hubungan kepuasan pasien dengan loyalitas pasien dengan nilai Asym.sig 0,000. Pihak manajemen diharapkan untuk meningkatkan lagi kualitas pelayanannya sehingga menjadi lebih baik lagi. Persepsi mengenai kualitas pelayanan yang baik akan berakibat pada munculnya kepuasan, kepercayaan dan bahkan loyalitas, dengan demikian akan mendukung terlaksananya strategi rumah sakit serta tercapainya tujuan rumah sakit. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Loyalitas Pasien

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email libstikesmajapahit@gmail.com
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:24
Last Modified: 26 Sep 2024 03:24
URI: http://repo.stikesmajapahit.ac.id/id/eprint/635

Actions (login required)

View Item View Item